LANGKAH-LANGKAH UNTUK MENGATASI ANAK YANG KURANG SEMANGAT DALAM BELAJAR




1.      Mencari Informasi
Orang tua sebaiknya bertanya langsung kepada anak guna memperoleh informasi yang tepat mengenai dirinya. Carilah situasi dan kondisi yang tepat untuk dapat berkomunikasi secara terbuka dengannya. Setelah itu ajaklah anak untuk mengungkapkan penyebab ia malas.
Pergunakan setiap suasana yang santai seperti saat jalan-jalan atau bermain-main, tidak harus formal yang membuat anak tidak bisa membuka permasalahan dirinya.
2.      Membuat Kesepakatan Bersama Orang Tua dan Anak
Kesepakatan di buat untuk menciptakan keadaan dan tanggung jawab serta memotivasi anak dalam belajar bukan memaksakan kehendak orang tua. Kesepakatan di buat mulai dari bangun tidur hingga waktu hendak tidur, baik dalam hal rutinitas jam belajar,lama waktu belajar, jam belajar bilamana ada PR atau tidak, bagaimana bila hasil belajar baik atau buruk, hadiah atau sanksi apa yang harus di terima dan sebagainya.
Kalaupun ada sanksi yang harus dibuat atau di sepakati, biarlah anak yang menentukannya sebagai bukti tanggung jawabnya terhadap sesuatu yang akan di sepakati bersama.
3.      Menciptakan Disiplin
Bukanlah suatu hal yang mudah untuk menciptakan kedisiplinan kepada anak jika tidak dimulai dari orang tua. Orang tua yang sudah terbiasa menampilkan kedisiplinan dalam kehidupan sehari-hari akan mudah di ikuti oleh anaknya. Orang tua dapat menciptakan disiplin dalam belajar yang di laksanakan secara konsisten dan berkesinambungan. Latihan kedisiplinan bisa dimulai dari menyiapkan peralatan belajar,buku-buku pelajaran,ataupun menanyakan kesulitan-kesulitan yang di hadapi dalam suatu pelajaran tertentu,terlepas dari ada atau tidaknya tugas sekolah.
4.      Menegakkan Kedisiplinan
Menegakkan kedisiplinan harus di lakukan bilamana anak mulai meningkatkan kesepakatan-kesepakatan yang telah disepakati. Bilamana anak melakukan pelanggaran sedapat mungkin di hindari sanksi yang bersifat fisik (menjewer,menyentil,mencubit,atau memukul). Untuk mengalihkannya gunakanlah konsekuensi-konsekuensi logis yang dapat di terima oleh akal pikiran anak.
Bila dapat melakukan aktivitas bersama di dalam satu ruangan saat anak belajar,orang tua dapat sambil membaca koran, majalah,atau aktivitas lain yang tidak mengganggu anak dalam ruangan tersebut. Dengan demikian menegakkan disiplin pada anak tidak selalu dengan suruhan atau bentakan sementara orang tua melaksanakan aktivitas lain seperti manonton televisi atau sibuk di dapur.
5.      Ketegasan Sikap
Ketegasan sikap dilakukan dengan cara orang tua tidak lagi memberikan toleransi kepada anak atas pelanggaran yang di lakukannya secara berulang-ulang. Ketegasan sikap ini dikenakan saat anak mulai benar-benar menolak dan membantahdengan alasan yang di buat-buajujurt. Bahkan dengan sengaja anak berlaku tidak jujur  melakukan aktivitas-aktivitas lain secara sengaja sampai melewati jam belajar.
Ketegasan sikap yang di perlukan adalah dengan memberikan sanksi yang telah di sepakati dan siap menerima konsekuensi atas pelanggaran yang di lakukannya.
6.      Suasana Belajar Yang Kondusif
Menciptakan suasana belajar yang baik dan nyaman meerupakan tanggung jawab orangtua. Setidaknya orang tua memenuhi kebutuhan sarana belajar, memberikan perhatian dengan cara mengarahkan dan mendampingi anak saat belajar. Sebagai selingan orangtua dapat pula memberikan permainan-permainan mendidik agar suasana belajar tidak tegang dan tetap menarik perhatian.
Ternyata malas belajar yang dialami oleh anak banyak di sebabkan oleh berbagai factor. Oleh karena itu sebelum anak terlanjur mendapat nilai yang tidak memuaskan dan membuat malu orangtua, hendaknya orangtua segera menyelidiki  dan memperhatikan minat belajar anak.
Selain itu, menumbuhkan inisiatif belajar mandiri pada anak, menanamkan kesadaran serta tanggung jawab selaku pelajar pada anak merupakan hal lain yang bermanfaat jangka panjang. Jika enam langkah ini dapat di terapkan pada anak maka seharusnyasudah tidak ada lagi keluhan dari orangtua tentang anaknya yang malas belajar atau anak yang ngambek karena selalu di marahi orangtuanya.


NAMA           : DWI NUR ASIH
KELAS          : 2C
NPM               : 11.1.01.10.0098

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar